loading...

GOA NAGA Sebuah Misteri Yang Punya Nilai dan Potensi


G
oa Naga atau yang lebih sering disebut Goa Lawa oleh penduduk sekitar ini terletak di Dusun Nogosari, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY. Bagi kalian yang berminat untuk datang ke lokasi ini dapat ditempuh melalui Jalan Imogiri Timur kearah  selatan lalu ambil arah menuju Panggang hingga melewati jembatan Siluk kearah timur menaiki jalur perbukitan yang lumayan menanjak lalu belok kiri ambil arah menuju SPN Selopamioro. Jika sampai ke pertigaan besar di Dusun Nogosari, ambil jalur ke kanan melewati jalanan berbatu. Informasi menuju lokasi ini memang masih sangat minim lebih baik bertanya pada warga sekitar bila tak ingin tersesat. Tenang warga disana sangatlah ramah, tak usah kaget bila nanti ditengah jalan banyak warga yang menyapa kalian .
By Google Images
Letak Goa Naga atau Goa Lawa ini berada diatas sebuah bukit yang mejadi satu dengan jajaran Bukit Nawungan. Mulut goa ini menghadap kearah timur, kedalaman goa ini sekitar 100 meter dengan tinggi sekitar 7 meter dan lebar mulut goa sekitar 12 meter. Yang menarik dari goa ini yakni seluruh mulut goa tertutup oleh pintu kayu sehungga tidak sembarangan orang bisa memasuki goa ini, bahkan  tak ada seorangpun sampai saat ini yang mengetahui secara persis darimana dan siapa yang membuat pintu kayu di mulut goa tersebut. Berdasarkan cerita warga sekitar semenjak goa tersebut ditemukan pertama kali pintu kayu tersebut sudah terpasang dengan lengkap dan rapi menutupi mulut goa, hal ini pun menanmbah kesan misterius terhadap Goa Naga ini.
Untuk memasuki Goa Naga sebaiknya kalian membawa lampu penerangan terlebih dahulu  karena keadaan di dalam goa yang sangat gelap dan tidak ada sumber cahaya sama sekali, percayalah  kalian tidak akan bisa membedakan antara mata kalian sedang tertutup atau  terbuka karena hanya ada satu kata “Gelap”, . Setelah memasuki ruangan goa kalian akan merasakan pengap dan  bau yang luar biasa dari kotoran kelelawar yang menggelantung di langit – langit goa sebaiknya bagi kalian yang memiliki penyakit di bagian pernapasan seperti misalnya asma atau yang lainnya tidak dianjurkan untuk memasuki Goa Naga ini. Ada yang paling menarik perhatian saat memasuki goa ini adalah adanya tempat khusus yang sudah dicor lantai berukuran sekitar 5x5 meter yang ternyata fungsinya adalah sebagai tempat untuk bertapa, konon setiap permintaan yang kita inginkan dapat terwujud bila kita memintannya di dalam goa ini. Bahkan menurut warga sekitar, dahulu banyak orang yang datang ke Goa Naga ini dengan maksut untuk meminta sesuatu seperti harta dan jabatan. Sungguh amat disayangkan tempat seperti ini dijadikan untuk hal yang kurang masuk akal dan tidak baik, karena sejatinya harta dan jabatan yang dicari manusia di dunia ini hanyalah titipan semata dari Tuhan Yang Maha Esa. Diujung Goa Naga ini terdapat sebuah lubang seukuran anak kecil yang konon apabila ditelusuri akan tembus sampai ke pantai selatan Yogyayakarta. Sebenarnya ada keinginan untuk memasuki lubang ini namun apalah daya baru masuk sebelah kaki saja sudah sangat sulit untuk keluar.
Banyak warga disini yang lebih mengenal  goa ini dengan nama Goa Lawa  dikarenakan banyak hewan kelelawar yang dalam Bahasa Jawa disebut “ Lawa “, hidup didalam goa ini dengan cara bergelantungan di langit – langit goa. Goa Naga ini juga memilki nilai sejarah yang cukup menarik. Menurut penuturan dari Mbah Slamet selaku Juru Kunci dari Goa Naga ini dahulu sejak zaman kerajaan Majapahit dan Mataram Kuno Goa ini dipakai untuk menyimpan pusaka, oleh sebab itu tak sembarangan orang dapat masuk ke dalam goa ini, bahkan goa ini juga pernah dipakai oleh Sultan Hamengku Buwono I untuk bertapa. Bahkan kami juga berkesempatan bertemu dengan seorang yang bisa disebut sebagai investor yang gemar sekali menceritakan kisahnya saat berkeliling ke berbagai negara kepada kami. Dimana investor tersebut berminat mengelola Goa Naga ini sebagai tempat wisata baru di Yogyakarta, dengan konsep seperti  Goa Gong di wilayah Pacitan namun dengan lebih menonjolkan nilai sejarah dari Goa Naga. Memang tawaran ini masih menjadi pro dan kontra bagi warga sekitar, tetapi kami berharap semoga Goa ini tetap terjaga kelestariannya dan apabila terealisasi menjadi tempat wisata kami juga berharap kesejahteraan warga sekitar atau umumnya warga Desa Selopamioro dapat terangkat. Aminn. 

Komentar

Postingan Populer