loading...

POSONG TEMPAT BERBURU SUNRISE TERINDAH UNTUK YANG TAKUT LELAH



Dokumen Pribadi

M
ungkin banyak yang sudah mengenal tempat yang menurut saya sebagai salah satu tempat yang terindah diciptakan oleh Tuhan ini. Sungguh beruntung saya diberi kesempatan untuk melangkahkan kaki saya ke Posong atau orang lebih mengenalnya sebagai Wisata Alam Posong.

Posong sendiri berlokasi di Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung terletak dibawah kaki Gunung Sindoro. Untuk mencapai lokasinya pun cukup mudah karena berada di jalur menuju Wonosobo dari Parakan, Temanggung, yang cukup melegakan lagi wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor maupun mobil meskipun jalan yang dilalui cukup sulit karena berbatu dan sempit untuk berpapasan bagi mobil. Rasa lelah mungkin dapat terlupakan sejenak seiring dengan menikmati pemandangan samping kiri kanan yang terhampar perkebunan kopi maupun teh yang sangat indah. Satu lagi informasi menarik, jika kalian pernah menonton film Filosofi Kopi 2, kalian akan menemukan sebuah kedai kopi yang berada disepanjang jalur perjalanan kalian dimana lokasi tersebut dijadikan sebagai latar disalah satu scene di film tersebut, silahkan mampir saja kalian akan bertemu dengan pak Tuhar selaku pemilik kedai tersebut, mari ngopiii.. (bagi pecinta kopi saya rekomendasikan untuk mencoba Kopi khas Posong ini).
By Google Images

Bagi kalian yang ingin berburu sunrise saya sarankan untuk menginap ditempat ini saja karena penerangan yang minim bahkan tidak ada disepanjang jalur mungkin cukup beresiko. Tenang saja disini terdapat sebuah penginapan atau jika kalian ingin menikmati sensasi lain bisa juga sembari mendirikan tenda ditempat ini, beruntung jika langit cerah kalian akan melihat lampu kota dibawah dan gugusan bintang di langit (milky way) yang sangat indah dan tidak pernah akan bisa kalian saksikan di langit perkotaan. Karena tempat ini berada diketinggian sekitar 2000 mdpl, udara disini cukup dingin, persiapkan jaket hangat. Jika kalian memang tidak tahan dingin saya sarankan untuk memakai jaket bulu angsa karena cukup hangat. Untuk kebutuhan perut tenang saja karena disini ada yang berjualan makanan bahkan fasilitas ibadah (mushola) maupun toilet terdapat dilokasi ini, cukup menarik bukan.
Dokumen Pribadi
Sunrise mulai menampakkan keindahannya sekitar pukul 4 atau subuh dilokasi ini, lagi – lagi jika beruntung dan tidak kabut saja kalian dapat menyaksikan keindahan diatas jajaran awan oleh sang surya sumber kehidupan dan kehangatan yang menampakkan parasnya diufuk timur sebagai tanda dimulainya kehidupan memancarkan sinar bias berwarna emas hangat yang menghipnotis setiap insan yang memandangnya dengan gagah Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Muria, serta Gunung Telomoyo sebagai saksinya. (ini merupakan pertama kali saya menyaksikan hamparan awan berada lebih rendah dari saya serta penampakan matahari terbit yang cukup jelas berwarna emas karena cuaca cerah, ditemani pentol hangat dan diiringi suara berkokok ayam yang bersahut – sahutan, beruntungnya saya).

Satu informasi lagi yang mungkin sedikit diketahui banyak orang, dimana Posong yang kita kenal sekarang ini dahulu merupakan saksi sejarah perjuangan pasukan Pangeran Diponegoro dalam melawan penjajah. Pasalnya area ini pernah menjadi pos rahasia pertahanan pasukan Pangeran Diponegoro saat melawan pasukan Belanda. Karena lokasi yang sangat strategis, melalui tempat ini pasukan Pangeran Diponegoro dapat memantau pergerakan Belanda yang berada di wilayah Temanggung saat itu. Namun kareana pada saat itu pasukan Belanda berhasil mengendus keberadaan lokasi pos rahasia tersebut maka para prajurit Pangeran Diponegoro berpindah menuju lereng Sindoro disebelah utara yang lokasinya lebih tinggi untuk mengecoh para pasukan Belanda saat itu. Lantaran ditinggalkan lokasi tersebut menjadi Pos Kosong atau sekarang masyarakat lebih mengenal dengan nama Posong.
By Google Images

Mungkin sedikit Safarnama (catatan perjalanan) yang bisa saya sampaikan kali ini. Bagaimana kalian bisa mencintai Indonesia jika kalian tidak mengenal dan melihatnya secara langsung.. mari berpetualang....         
    

Komentar

Postingan Populer