loading...

Kalianget, Pemandian Air Panas Sejuta Manfaat di Wonosobo


Dokumen Pribadi


P
erjalanan kembali berlanjut setelah kemarin kita singgah ke Telaga Menjer, kali ini saya berniat untuk sedikit merelaksasikan raga saya yang cukup lelah karena perjalanan jauh yang ditempuh sebelumnya. Setelah mencari informasi kesana – kemari akhirnya saya memantapkan pilihan untuk mencoba berendam di air panas alami, ini pertama kalinya saya mencoba hal tersebut, konon sih katanya banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan berendam di air panas alami ini karena mengandung sulfur/belerang.
Sumber air panas alami yang ada di Wonosobo ini muncul dari dampak aktivitas vulkanik yang terjadi di wilayah ini, sebenarnya ada beberapa tempat pemandian air panas yang ada di Wonosobo namun saya menjatuhkan pilihan untuk datang ke Wisata Pemandian Air Panas Kalianget yang berada di wilayah Desa Kalianget, Wonosobo. Sesuai dengan namanya “Kali” yang berarti “Sungai Kecil” dan “Anget” yang berarti “hangat”, di wilayah ini memang banyak tedapat sumber mata air panas yang muncul.
Untuk menuju lokasi pemandian ini sangatlah mudah karena berada di pinggir Jalan Raya Wonosobo - Dieng Km 3, Desa Kalianget. Wisata Pemandian Air Panas Kalianget selain terdapat kolam air panasnya disini juga terdapat kolam air dingin untuk berenang, untuk kawan yang tahan dingin saya silahkan untuk mencobanya saya yakin pasti mengkerut juga tu kulitnya. Eitss untuk yang risih jika harus berendam di satu kolam bersama dengan lawan jenis (biasanya cewek) di pemandian juga menyediakan kolam pribadi di dalam ruangan tertutup, kalian bisa menyewanya namun cuma dibatasi 15 menit saja setiap sewa, mungkin karena bau belerang yang cukup kuat dan berada di ruang tertutup jadi beresiko.
Manfaat Berendam di Sumber Air Panas Alami       
Foto oleh Shiny Diamond dari Pexels

Seperti judul di atas ternyata berendam di sumber air panas alami yang mengandung sulfur/belerang banyak lho manfaatnya, dikutip dari Halodoc berikut beberapa manfaatnya :
  1. Baik untuk Kesehatan Kulit
Belerang adalah mineral alami yang meskipun berbau menyengat tapi telah menjadi metode hidroterapi yang digunakan sejak zaman dahulu kala, yaitu zaman Mesir kuno sampai Romawi kuno. Berendam di air belerang dapat membunuh kuman, virus, dan infeksi jamur. Menurut penelitian kesehatan, belerang secara efektif mengeringkan jerawat dan membantu memberantas akar jerawat yang melekat di dalam pori-pori kulit.
Selain mengurangi peradangan jerawat, belerang juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga manfaat air belerang untuk kulit yang lain ialah mengurangi bekas luka dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru pada kulit. Tak hanya membantu proses penyembuhan luka dan mengeringkan jerawat, berendam di air belerang juga dapat menyembuhkan sakit kulit seperti panu, gatal-gatal karena alergi, dan gangguan kulit lainnya. Pasalnya, belerang memiliki sifat keratolytic yang berfungsi untuk mengangkat kulit mati serta antimicrobial yang berfungsi melawan bakteri dan meredakan inflamasi pada kulit.
  1. Melancarkan Aliran Darah
Berendam air belerang juga memiliki manfaat tambahan seperti melancarkan peredaran darah. Di beberapa negara, ritual berendam air belerang menjadi salah satu ritual yang tidak ditinggalkan dan membudaya. Salah satu negara yang mengadopsi kebiasaan ini adalah Jepang. Berendam air belerang dipercaya dapat melancarkan aliran darah dan juga sebagai sarana relaksasi setelah habis bekerja seharian penuh. 
Makanya, kebiasaan berendam air panas ini biasanya dilakukan pada malam hari. Selain melancarkan aliran darah, manfaat berendam air belerang yang tidak kalah penting lainnya adalah meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi sembelit, dan meredakan radang wasir. Sejatinya, berendam air belerang dapat membuka pori-pori yang pada akhirnya menyerap mineral bermanfaat dan mengolahnya menjadi nutrisi yang bermanfaat untuk kulit.
  1. Relaksasi
Tekanan pada air belerang bersuhu panas juga bisa memberikan efek positif pada otot dan persendian. Lebih lanjut, bila secara rutin berendam di air belerang dapat melancarkan sirkulasi darah, membuat stamina tubuh lebih tangguh, dan tidak cepat lelah. Merendamkan kaki di air belerang juga memiliki manfaat untuk mengurangi sakit kepala dan meredakan flu. Buat kamu yang susah tidur bahkan sampai insomnia, merendamkan kaki di air belerang juga bermanfaat membuat tidurmu menjadi lelap.
Apakah Ada Dampak Negatifnya ?
 
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels
Selain manfaat yang kita dapat, ternyata salah – salah bisa berefek negatif ke kita lhoo..Meskipun berendam di air belerang memiliki banyak manfaat, tapi kamu perlu juga memperhatikan durasi berendam yang pas. Sebab, berendam secara berlebihan juga bisa memberikan dampak negatif. Terlalu lama berendam di air belerang juga bisa memperbesar pori-pori, sehingga malah bikin masuk angin dan mengiritasi kulit. Makanya, disarankan untuk membasuh badan dengan air bersuhu netral untuk mengembalikan suhu kulit di posisi awal.
Berendam air belerang terlalu lama juga dapat menurunkan tingkat kesuburan, terutama pada pria. Pasalnya, testis yang terlalu lama terendam air panas bisa menurunkan tingkat produksi sperma. Ibu hamil juga tidak disarankan untuk berendam air belerang, karena kandungan sulfur yang bila terserap kulit dan terhirup bisa berbahaya untuk kehamilan dan janin dalam kandungan[1]. Memang sih memberi kehangatan dan nyaman untuk berlama – lama, jadi jangan terlena oleh kenikmatannya nanti ujung – ujungnya menyesal juga..
Mungkin sedikit Safarnama (catatan perjalanan) yang bisa saya sampaikan kali ini. Bagaimana kalian bisa mencintai Indonesia jika kalian tidak mengenal dan melihatnya secara langsung.. mari berpetualang....




[1] Sumber yang diakses https://www.halodoc.com/liburan-ke-gunung-ini-3-manfaat-mandi-air-belerang-untuk-kesehatan

Komentar

Postingan Populer